Selasa, 13 Juli 2010

Pangelaran Seni, Tari v.s Karawitan

    Seperti biasa, tiap tahunnya di SMANSA ada aja pagelaran seni. Pagelaran ini ditampilkan oleh seluruh siswa kelas X dan XI . wiw...apa nggak jebol tuh panggungnya?? Ya enggak dong.
   Jadi, pagelaran seni ini ditujukan untuk evaluasi mata pelajaran seni bagi seluruh siswa kelas X dan XI. Semua siswa pasti manggung tanpa terkecuali. Tak ada yang bisa menghindar hahahaha (kok jadi kaya ancaman ya?). Kelas X menampilkan seni tari per kelompok. Masing-masing kelas ada yang kebagian menampilkan tari tradisional, tari pop, tari keroncong, tari campursari, sampai yang dangdut. Tarian yang mereka tampilkan adalah tarian yang mereka ciptakan sendiri setelah menerima materi seni Tari selama satu semester dari Bu Endang (pengampu mapel seni tari-red). Kostum yang mereka kenakan juga lucu-lucu, unik dan kreatif. Ketika pagelaran seni ini berlangsung, antusiasme warga smansa sangat tinggi, seringkali para alumni juga menyempatkan diri untuk berkunjung.
   Lain lagi dengan kelas XI. Seni yang ditampilkan kelas XI adalah pertunjukan gamelan yang diiringi tarian. Ya, fokusnya memang pada seni musik karawitannya. Lagu yang ditampilkan juga berbagai macam. Mulai dari Prau Layar, Randa Kempling, sampai Ayo Ngguyu. Hmm sedap deh. Masing-masing kelompok dari setiap kelas menampilkan lagu-lagu tersebut dengan ditambahi pembukaan seperti Ladrang Pangkur, Ladrang Ayun-ayun, dan Lancaran Gajah-gajah. Masing-masing kelompok juga menampilkan tarian sederhana selagi gamelan ditabuh. Alhasil, evaluasi seni ini berakhir dengan mengharukan (ceile...)
   Banyak sekali manfaat yang bisa didapet dari evaluasi seni ini. Antara lain, menumbuhkan rasa solidaritas kelompok, kemandirian, kerjasama, fokus, dan komitmen yang kuat.

1 komentar:

Luph SMANSA

http://img130.imageshack.us/img130/2440/img1ar.jpg

ASiknya educations Smansa

Kamu Pengunjung Ke

Pengunjung Yang On-Line

Time Now

Hubungi Kami kalau anda ingin bertanya atau saran :

GOOGLE RANK

Blog Indonesia Cara Membuat Blog blog-indonesia.com

Pendapat


Gratis Buat Chat sendiri @ ShoutMix

SMANSA'S Follow

Banner Follow

Follow ASiknya  educations Smansa Blog ini ada di Komunitas Blogger Indonesia -AntarBlog- Get Free Shots from Snap.com